The Fourth Kind, kenyataan dibalik "Kisah Nyata" dan Ketololan Saya

Sebenernya saya nonton film ini udah lama..sekitar bulan desember 2009 (kalo gg salah). Dan saya adalah orang yang paling terlambat untuk menyatakan bahwa film ini asli hoax! wkwkwwkwk...gag papa lah ya telat daripada nggak sama sekali. Maklum saya kan baru banget di blog. Film ini udah keluar kapan tau, tapi saya baru ngereview sekarang secara blog saya aja baru "didirikan" bulan Mei 2010.hehhe..


Agak malu sebenernya untuk memposting tulisan tentang The Fourth Kind..Soalnya udah banyak juga yang ngebahas tentang film ini. Tapi untuk diblog saya belum pernah dibahas kan??hehe...


Bridging dulu,, saya lagi suka jalan2 ke blog misteri Enigma. Secara saya pecinta kasus2 misteri yang berhubungan dengan pembunuhan tak terungkap, atau peristiwa2 aneh yang ada. Dan blog Enigma ngebahas tentang ini. Sekitar jam 3an pagi, tanggal 6 Juni 2010 (hahaha, kayak lagi curcol. Tapi emang curcol sih) secara tak sengaja saya menemukan artikel yang ngebahas tentang film Fourth Kind ini beserta analisis2 dari yang empunya blog. Saya tertarik banget berhubung tadinya saya adalah (dengan malu mengakui) penyuka film The Fourth Kind. Hahahaha...


Setelah saya membaca bahasan mengenai film ini di Enigma, saya merasa jadi orang yang TOLOL luar biasa.




Oke, saya review dikit.. Film ini bercerita tentang pengalaman seorang psikiater wanita bernama Dr. Abigail Tyler. Dia berjuang untuk keluarganya dan orang-orang di desa kecil Nome, di Alaska, yang kabarnya diculik oleh alien. Film ini seperti film semi-dokumenter. Dr. Abigail Tyler sendiri diperankan oleh Milla Jovovich.. Arti dari The Fourth Kind sendiri adalah fase atau tahap dimana alien mulai menculik manusia.


Awalnya saya gag percaya dengan film ini, tapi melihat adanya rekaman video asli dari Dr. Abigail dan ia juga di wawancara, saya seperti 'terhipnotis' untuk percaya juga dengan film ini. Sumpah, saya merinding melihat rekaman video yang "asli" itu. Seolah2 nyata hingga dengan tololnya saya percaya. Untuk "kasus penculikan" aliennya sih saya nggak percaya sama sekali..tapi melihat video itu saya jadi berpikir "emang alien beneran ada?"
Sampe saat ini saya masih mengasihani diri saya sendiri. hahahaha....Gileee kemane aje lo Bong????


Emang di Nome, Alaska, banyak kasus hilangnya orang atau kematian secara misterius, Tapi bukan berarti karena alien kan? Dan si om Botak Osunsanmi sang sutradara terlalu serius untuk mengambil keputusan bahwa mereka hilang karena diculik alien.. Oh pliiiiissss.....


Banyak orang bertanya2 mengenai video tersebut asli ato gag.. Dan dari blog Enigma (alamat ada di akhir artikel ini) dijelaskan juga bahwa video itu Hoax!!! Ohhh,, poor me...gw semakin mengasihani diri saya sendiri. Betapa tololnya saya baru menyadari itu sekarang. Tapi untungnya sadar.. Coba kalo saya gag sadar2??
Video itu memperlihatkan Dr. Abigail Tyler yang asli sedang praktek dan menanyakan pada pasiennya mengenai masalah sulit tidur. Dan dari semua pasiennya mengaku melihat burung hantu..Udah gitu di awal dan akhir film ada wawancara antara Dr. Tyler dan si Om Botak Osunsanmi (menambah keyakinan saya bahwa itu adalah asli).
Kenapa ya aliennya harus di "wakili" oleh burung hantu? Apa karena burung hantu dan alien2 yang suka ada di film2 science fiction kayak burung hantu terutama matanya? ato film2 itu yang terinspirasi dari burung hantu?hmmm.....






Om Botak mengakui bahwa ia mendengar kisah tentang Dr. Abigail Tyler dari temannya. Katanya Dr. Tyler menangani kasus pasiennya yang mengaku melihat makhluk lain selain manusia. Dan kisah yang katanya nyata ini tejadi di musim gugur tahun 2000. Tapi nggak ada seorang pun yang mengenal Dr. Abigail Tyler sebagai psikolog, Bahkan badan pemberi lisensi psikolog negara bagian dan presiden Asosiasi Psikolog Negara Bagian.


Dan saya akhirnya tahu bahwa Dr. Abigail Tyler itu juga ternyata seorang yang cuma ada di fantasi Si Om Botak yg juga sebagai penulis. Dr. Tyler itu diperankan oleh Charlotte Milchard, seorang aktris dari Inggris. huahahahaha...nambah lagi saya kasian sama diri saya atas ketololan ini.




Tapi saya perlu ngacungin jempol buat si Om Botak.. Idenya cerdas. Membuat film mencampurkan antara dokumenter dan cerita..Dan alangkah lebih cerdas lagi kalo berdasarkan kisah nyata yang "sesungguhnya" dan bukan tentang alien yang selama ini nggak bisa dibuktikan keberadaannya. Saya yakin bukan cuma saya yang tertipu.. Bahkan setiap orang dari belahan dunia manapun menanyakan kevalid-an film ini (Tapi mungkin saya satu2nya orang yang baru nyadar atas ketololan ini). Dan saya juga acungin jempol buat Charlotte Milchard yang berperan sangat luar biasa. Make-up artisnya juga ok karena membuat muka Charlotte tampak sangat depresi sekali solah ia adalah orang yang benar2 mengalami peristiwa "dahsyat" diluar nalar. Sebenernya saya agak kasian sama Milla Jovovich kenapa mau maen film Hoax kayak gini (soalnya saya beli The Fourth Kind karena tau yang maen dia).




Dan untungnya ketololan saya selesai sampai disini. Huahahaa...Tengkyuh banget lah buat Om Enigma udah menyadarkan saya dari "hipnotis" si Om Botak.




http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/02/q-apakah-film-fourth-kind-berdasarkan.html

14 komentar:

sintamilia said...

AKU CINTA OM ENIGMA...!!
Paling suka postingan dia tentang crop circle, manusia terbakar sendiri, dan tentang wanita penyihir yang bisa berubah jadi kucing (Harry Potter banget soalnya) :D

parloji said...

wakakakaka. terus terang saya baruuuu aja nonton nih filem.
merinding aku nontonnya.
takut sekaligus penasaran.
ada kata2: "I'm...GOD" omakkk langsung merinding aku. wkwkwkwkwkw.
selesai nonton aku langsung penasaran. aku langsung search riview tentang film ini.
wakakakakaka. ternyata aku tidak terlalu lama untuk menyadari bahwa film ini adalah HOAX. wakakakakakakak.
terimakasih karena udah mengklarifikasi ya bang.
guddd dah buat BLOG nya..
caiyoooo.....

Fibong said...

@Sintamilia: ahaha...dasar teh sinta..ternyata doyan jalan2 ke enigma juga toh...yoyoy aku jg lucu dan mengerutkan dahi baca artikel penyihir dan kyk transfigurasi di Harry Potter..wkwkwk...

@Parloji: terimakasih ya Parloji udah nyasar di blog saya..hehe..maksud kamu bang itu ke saya ato ke siapa nih? soalnya saya perempuan..hehehe..

beejolie said...

lebih kasian lagi ane kali ya.. ru nonton film ni skr n langsung liar review nyang satu nie.. eh yg tadinya takut malah... nyesel.. (tp sbnrnya masih takut juga c skr,biz kyk btulan bangedd)
jadi c om botak tu sutradara ya?? mati kutu dah.. ru ja biz nyari review dr tayler trus mau cari info c botak profesor tea.. haduhhh... malu akuw.. hampir ajah percaya ada alien geto..
but over all thanks ya fibong!!!

Anonymous said...

ternyata saya pun termasuk "korban" dari film itu...! gimana gak percaya kalo adegan filmx disandingx ama adegan rekamanx yg keliatan asli abiizz...!!

Anonymous said...

huaaaaaaa
fiktif banget ahh
udah capek2 ketakutan

tu film kyk asli bgt, mana tu dokter abigail keliatan banget depresinya..
ihhhhh
ternyata palsu

maluu deeh gw
udah crita2 ke temen sgala kalo ni film SEREM bgt.
hahaha

Anonymous said...

filmnya meyakinkan bgt ya, seru & bikin penasaran juga :) tp kl diperhatiin yg bikin keliatan itu palsu....

1. actual footage nya keliatan orgnya kaku... gak riil... ms aktingnya lbh jago yg aktornya?
2. efek serem CGI di footage kesurupan si dokter
3. burung hantu? gak nyambung....
4. gw sering liat aktris yg meranin Dr cewek yg ceritanya asli

Btw ini agak terinspirasi dr end of days dr tiap alkitab loh... that alien will come (?!) Coba tanya mengenai Gog & Magog (Yajuj & Ma'Juj) ke Pak Google ;p hehe.... NEXT YEAR???! 2012???

Anonymous said...

Yup, saya juga cek banyak artikel yg membuktikan kalo film ini memang Fiction.
Tapi, percaya atau engga, saya pernah melihat "it" dengan mata kepala saya sendiri.

melissa said...

what a stupid we are ro believe this hoax..hahaha
awalanya memang agak curiga..tapi setelah nonton sampai habis,jadi yakin kalo ini beneran..mileee milee mau aje di suruh main sebagai fiksi dari cerita yg juga fiksi..ckckck
gue baru nonton hari ini,dan langsung cari biografi tentang mbak dokter baal baal itu..dan malah nemu blog pencerahan ini..hihihi thx thx :D

Unknown said...

ini film keren..
yang ngepost bego.. kan bagian terakhirnya ada penjelasan. mau percaya mau engga percaya ya itu hak kalian masing masing,

soal kenapa burung hantu, penjelasan lu engga banget om. coba di tonton ulang, sampai lu bener" ngerti.. baru deh komentar

intinya, mau percaya atau engga percaya sama film ini. YA SILAKKAN DI TENTUKKAN

anonymous said...

Ihhh ini adafilmnya, laginonton. Ehh ndataunya hoax. Aseloleeee -____-

Unknown said...

Dan saya baru sadar sekarang setelah baca artikel ini wkwkwk udh 8 taun yg lalu 😂

Unknown said...

Waduh bang saya akhirnya sadar juga
Setelah baca artikel abg ni....kira in itu film berdasarkan kisah nyata
Hadeh....tapi thank you banget lah bg
Mantap😃

Anonymous said...

Wkwkwkwkwkw...
Ternyata di tahun kemaren2, banyak yg ndak tau film dengan genre foundfootage :v hadeuhhh kemana ajaaaa, namanya juga film ya fiksi lahhh. Wkwkwk

Post a Comment

Followers